Thursday, December 25, 2014

selo




Tiga panel karya di atas ini saya ikutsertakan pada pameran Rupa Rupa Seni Rupa Jogjakarta, tanggal 17 November 2014. Saya menggambarkan suasana2 di saat selo di kota Jogja. Selo bisa di mana saja, di Jogja, di Surabaya, atau di tempat2 lain. Terkadang saya pun ikut2an arus untuk merasakan betapa selo, sampai2 lupa pekerjaan rumah. Tapi, menurut saya, tema dalam karya ini tidak begitu penting, karena di samping memikirkan ide, sebetulnya saya cuma ingin mempraktekkan teknik kerik (scratch). Alhasil, torehan dari ujung pisau cutter jadi seperti cukilan kayu. Lumayan, mana tahu ada yang ingin mencobanya, ada banyak referensi karya orang lain, buka saja salah satunya ini atau ini. Media yang saya gunakan cukup sederhana, yakni karton 2mm, pisau cutter (bisa pakai jangka, jarum, paku dll.), cat tembok warna putih, dan cat tembok hitam, kalau mau serius dan punya banyak sangu, coba pakai ini. Caranya bisa lihat disini. Selamat mencoba, kawan. :-)

1 comment: